Pernahkan anda dibuat pusing dengan masalah printing pada windows 7. Tiba-tiba saja ketika anda ingin mencetak dokumen anda, printer tidak mau beroperasi.Saya pernah mengalami masalah ini ketika komputer yang digunakan oleh salah satu jajaran pimpinan Fakultas, tiba-tiba saja tidak mau mencetak, padahal secara fisik tidak ada kerusakan baik dari segi printer maupun kabel data USB-nya.Misal dokument yang diolah menggunakan Microsoft Word ingin dicetak dan  klik print, tidak ada reaksi apapun  dari aplikasi tersebut.Masalah tersebut terjadi karena services print spooler  dari windows 7 selalu berhenti (stop), setiap kali di start dalam jangka waktu kurang dari 1 menit akan stop sendiri.Kalaupun bica mencetak, paling hanya dapat 1 lembar, setelah itu printer akan berhenti, dikarenakan service print spoolernya langsung berhenti sendiri. Berberapa referensi di internet termasuk dari support microsoft sudah saya coba, tetapi tetap saja masalah tersebut tidak teratasi. Setelah hampir 2 hari akhirnya masalah tersebut berhasil juga ditemukan solusinya.Padahal saya sudah siapkan jurus pamungkas(install ulang windows 7 heee…heee ) kalau saja masalah tersebut tidak terpecahkan. Melalui blog ini saya berusaha untuk mendokumentasikannya secara lebih detil sehingga suatu saat bisa dibaca kembali/mungkin saja berguna bagi yang membutuhkannya.

Langkah-langkah untuk mengatasi masalah print spooler yang tidak mau berjalan pada Sistem Operasi Windows 7 adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan secara fisik/hardware tidak ada kerusakan pada peralatan printer maupun kabel penghubungnya(USB/Pararel).
  2. Melalui windows explorer hapuslah seluruh isi file dari folder 3, secara lengkap path-nya adalah di C:\windows\System32\spool\drivers\w32x86\3
  3. Masuklah ke registry windows 7., Ketik  regedit,  melalui search program and files, milik windows 7.
  4. Masuk ke  HKEY_LOCAL_MACHINE\SYSTEM\CurrentControlSet\Control\Print\Environments\Windows NT x86\Drivers\Version-3
  5. Hapus semua nilai yang ada pada direktori Version-3
  6. Hidupkan kembali  untuk  service print spooler, melalui Control Panel, Administrative Tools, Services, cari bagian print spooler dan klik start.
  7. Langkah terakhir lakukan instalasi ulang untuk driver printer tersebut.

Pada kasus yang saya hadapi semua langkah-langkah dari langkah 1 sampai ke-7, alhamdulilah berhasil mengatasi permasalahan diatas.

Semoga rangkuman trouble shooter diatas dapat bermanfaat bagi yang membacanya.