Setelah sempat diliputi ketidak pastian,…urusan membuat paspor beres juga, tepat pada detik-detik akhir tanggal 13 Agustus 2008.Tiket penerbangan ke Jakarta menggunakan pesawat garuda jam 12.45 bisa dikejar, padahal paspor jadi pada jam 11.30, itupun sebelumnya kita sempat melobi bagian imigrasi agar kami mendapat prioritas pertama.

Bagiamana aku ngk pusing,…kita memasukkan berkas dan wawancara pada tanggal 4 agustus 2008,..tapi karena adanya ketidakberesan sistem imigrasi yang baru,…malah tinggal foto aja tidak bisa dilakukan.Dengan modal nekat,…bawa barang-barang sekalian mampir imigrasi ambil paspor, langsung menuju bandara adisucipto.Untung pesawat garuda tepat waktu. Kurang lebih pukul 13.00 pesawat sudah mengudara.Cuaca waktu itu kurang bisa ditebak,…dari jogja cerah,..tapi sebelum masuk jakarta banyak awan tebal..sehingga pesawat rada berguncang.Setelah 50 menit,..akhirnya sampe di Soekarno Hatta.Bingung juga setelah sampai bandara,..cari-cari bagian keberangkatan internasional, untuk maskapai Air Asia.

Setelah muter-muter untuk mencari akhirnya ketemu juga.Wah…bakalan nunggu lama nih,…karena pesawat Airasia  QZ7668 yang akan kami naiki ke penang baru berangkat pukul 18.05.Ya….lihat-lihat dulu nih di Bandara sekalian cari  makan siang, dari pada bengong 4 jam nunggu.Baru pukul 16.35 counter check ini air asia tujuan penang dibuka.Setelah check in, kemudian kita ke bank untuk bayar fiskal. Ngk tahu nih di indonesia,..orang mau bepergian ke luar negeri kok pake kena pajak fiskal segala.Setelah sempat ditanya di bagian imigrasi,…tujuan ke penang untuk apa (…jawab training,..karena memang training) akhirnya kita menuju Gate 4 untuk Keberangkatan Internasional.Pukul 18.00 WIB kita sudah boarding,…dan kurang lebih 15 menit kemudian,…pesawat air asia B737-300 menuju Penang.Ternyata pesawat ini ukurannya kecil,..lebih kecil dari pesawat garuda dari jogja-jakarta. Suara mesinnya berisik,…it”s Ok lah ngk masalah. Penerbangan ke penang ditempuh sekitar 2.45 menit.Karena malam hari,…ketika lewat menara kembar petronas di KL, kelihatan lampu kelap kelip di bawah.Klo naik air asia,…kita ngk dapet makan.Kita harus beli terpisah.Penerbangan 2.45 jam ini ternyata bikin kami lapar juga,..mungkin karena AC yang dingin banget,..jadi membuat perut kami keroncongan.Mo pesan nasi goreng,..ternyata sudah abis.Akhirnya dapet roti satu bungkus..ya..lumayan untuk mengganjal perut.Bersama kami ternyata banyak sekali rombongan TKI yang mau bekerja di Malaysia.

Pukul 21.30 Waktu penang (GMT+8) pesawat mendarat di bandara internasional Bayan Lepas Penang.Setelah mendapat permit dari bagian imigrasi Malaysia,…akhirnya kita (saya+pak muji) menginjakkan kaki pertama kalinya di negeri jiran ini.Hm…ternyata yang menjemput di Bandara adalah Dr. Rahmat Budiarto, Staf Pengajar School of Computer Science Universiti Sains Malaysia beserta istri.Wah..ngk enak juga yang jemput malah Associate Prof.Tapi ya..jujur seneng juga udah dijemput,…namanya udah ada di negeri orang…daripada malam-malam bingung mo kemana dijemput, diajak makan malam dan dianter ke penginapan udah membuat rasa lelah saya sedikit berkurang.Selamat Datang di Malaysia, puan-puan:-)