Selama di penang,..kita sempat pindah penginapan sebanyak 5 kali.Yang pertama di Asrama mahasiswa USM( Orang Malaysia menyebut Desa Siswa).Disini kami hanya menginap semalam,..kami tidak tahan disini, hawanya panas sekali,…kebetulan waktu datang malam hari lampu kamarnya belum terpasang …wah..wah…payah bener nih.Ternyata kekacauan yang terjadi belum berhenti,..pas ke toilet lampu toilet  juga tidak ada…weleh..weleh.Waktu itu seluruh penginapan di penang penuh,..karena bertepatan dengan acara Konvokesyen USM (Baca: Wisuda).Acara ini berlangsung selama 4 hari. Jadi klo acara wisuda,..bener-bener meriah di sini, tidak seperti di UGM yang hanya sampe 1/2 hari sudah selesai.Ada kejadian konyol yang menimpa saya waktu nginep di desasiswa.Jam 05.00 pagi aku terbangun,…tanpa pikir panjang langsung ambil wudhu.Soalnya klo di jogja,..jam segitu sholat subuh sudah lumayan kesiangan. Tanpa pikir panjang langsung aku sholat subuh.Kemudian tidur-tiduran lagi,..eh..ngk tahunya 30menit kemudian..baru terdengan adzan subuh…alamak… ternyata salah aku.Di penang pukul 7.00 masih gelap.wah…harus menyesuaikan diri nih.Dhuzur pukul 13.25, ashar ..sekitar pukul 16.30, Magrib sekitar pukul 19.20 dan Isyak pukul 20.30.Jadi aneh rasanya.

Cari makan yang sesuai selera indonesia susah disini,..yang terkenal disini adalah Nasi Kandar,..yang mirip nasi pandang tapi rasanya lain.Pertama kali makan ya rasa susah masuk,..tapi karena lapar ya..terpaksa makan Juga.Hari kedua kami mendapat tempat nginep di salah satu  apartemen dosen USU yang sekolah di USM.Kebetulan beliaunya,…baru ke KL untuk meeting dengan orang-orang kementerian.Ya jadilah kita nginep semalam disana.Tapi besok malamnya kita pindah tempat lagi,..karena yang punya apartemen(Ibu-ibu) sudah datang,…ya kita cari penginepan lagi.Akhirnya malam-malem jam 12 kita gambling ke hotel grand continental(ngk pake acara booking) langsung datang kesana. Untungnya dapet untuk satu kamar berdua.Disinipun kita hanya nginep semalam(Tarif RM 170), kemahalan menurutku karena fasilitas yang tersedia tidak sebanding dengan uang yang dibayarkan.Malam berikutnya kita dapet nginap  di Rumah Tetamu USM (Baca: Wisma Tamu).Disini kita hanya nginep semalam aja,..soalnya adanya juga cuma hari itu. Hari selanjutnya sudah di booking orang.Tarif semalam disini cukup mahal sekita RM 250, itupun tidak dapet makan pagi. Untung disekitar situ ada Cafe (Kantin klo di indonesia).

Makan pagi waktu itu hanya tersedia nasi bungkus,…eh..setelah dibuka,…ternyata sama dengan nasi bungkus di angkringan jogja..heee..heee(Baca: Nasi Lemak).Aku pikir yang ada sego kucing cuma di jogja,..ngk tahunya di Wisma Tamu USM ada juga.Penginapan terakhir yang kita dapetkan adalah di Hotel B-Suite.Untung mbak leli (yang punya apartemen tempat nginep malam kedua kita), sangat baik hati.Jadi sudah bisa membookingkan tempat di B-Suite sampe tanggal 21 Agustus.Tarif disini sekitar RM.125 semalam.Tapi fasilitasnya memadai, ada koneksi internet 24 jam gratis di kamar….Ya syukur deh…akhirnya setelah nomaden beberapa kali dapet tempat tinggal yang layak.Jarak dari Hotel ke  School of Computer Science USM cukup jauh, naik bus kota sekali. Bus yang paling bagus jenis Bus Rapid (besar panjang, Ber-AC). Tarifnya hanya 1 RM sekali jalan.

Acara training IPV6 di National Advanced IPV6 Center of Excellence USM akhirnya berjalan lancar..walau harus bekerja keras untuk menangkap apa yang diajarkan.Karena bahasanya campuran antara melayu dan inggris.

Ini ada satu  foto bersama staf pengajar disana. Paling kiri Mr. Vijayh, Pak Muji, saya dan paling kanan Mr. Adil.

Banyak kosakata bahasa melayu yang kami dapet disini.

  • tandas= toilet, tempat berwudhu
  • bonggol= polisi tidur
  • dewan kuliah=gedung kuliah
  • pensyarah kanan=dosen senior
  • konvokesyen=wisuda
  • jalan sahala=jalan satu arah
  • kereta=kendaraan
  • naib of consellor = rektor/wakil rektor
  • pejabat=kantor